Skip to main content

Beberapa Makanan dan Minuman Khas Jawa Timur

Beberapa masakan/makanan/minuman khas daerah Jawa Timur sebagai berikut.

makanan khas jawa timur

NoDaerahNama Makanan/ Minuman
1
Banyuwangi
Rujak soto, bagiak, sale molen, sale goreng, sale pisang ambon kuning, manisan pala, cerme, asam, dan tomat, serta kerupuk cumi.
2
Blitar
Nasi pecel punten, sambel pecel, dodol kacang ijo, wajik kletik, opak gambir, koyah, dan keripik telo.
3
Bondowoso
Keripik singkong, Keripik kedelai, dan tape singkong.
4
Gresik
Nasi karwu dan kue pudak (Pulau Bawean).
5
Jember
Rambak, suwar-suwir, dan terasi.
6
Kediri
Tahu tokoah, getuk pisang, stik tahu, dudo kemulan, dudo tanding, jimbek, sredek atau sawut, ireng-ireng, ongol-ongol, gablok, klenyem, dan plenggong.
7
Lamongan
Soto ayam lamongan, nasi boranan, dan blengong goreng.
8
Magetan
Lempeng beras, lempeng ketan, emping mlinjo, rangin kelapa, dan keripik tempe.
9
Madiun
Brem, lempeng puli, dan pecel pincuk.
10
Malang
Kripik tempe.
11
Madura
Rawon dhengkul, kaldu kokot, soto sabreng, dan nasi jejen.
12
Mojokerto
Onde-onde, keciput, dan tape ketan hitam.
13
Probolinggo
Soto kraksaan, bandeng asap, dan petis udang.
14
Sidoarjo
Kerupuk udang dan petis.
15
Surabaya
Rujak cingur, soto lamongan, krengsengan, rawon simpang, lontong balap, tahu gunting, bebek goreng, sup kikil, jongkong surabaya, madu mongso, dan es degan.
16
Tuban
Tuak atau legen.
17
Tulungagung
Lodho ayam, nasi pecel, sompil, jenang sabun, kacang shanghai, giti, jongkong, ireng-ireng, sredeg, cenil, plenggon, wedang jahe sere, dawet caon, rujak uyub, dan beras kencur.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …