Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Musik Tradisional Jawa Timur Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Alat musik tradisional daerah Jawa Timur pada umumnya sama dengan alat-alat musik tradisional yang terdapat di Jawa Tengah, yaitu gamelan. Jenis-jenis alat musik lain juga terdapat di Provinsi Jawa Timur. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi berbagai jenis kesenian. Berikut beberapa jenis musik beserta alat musik yang digunakan untuk mengiringi. Beberapa seni musik tradisional di Provinsi Jawa Timur sebagai berikut.

1. Gamelan

Musik tradisional Jawa yang terdiri atas beberapa instrumen (alat) musik, seperti bonang, saron, kendang, gong, gambang, gender, demung, ketuk, dan rebab. Seperangkat musik gamelan yang terdiri atas gamelan laras slendro dan laras pelog disebut gamelan sepangkon.

alat musik gamelan jawa timur

2. Pengiring Reog

Jenis musik untuk mengiringi kesenian Reog Ponorogo yang terdiri atas terompet, gong, dan kendang.

alat musik tradisional jawa timur

3. Patrol

Jenis musik yang peralatannya menggunakan kentongan bambu atau kayu yang dibunyikan dengan irama teratur sehingga menghasiikan suara yang enak didengar. Pada awalnya digunakan untuk kegiatan ronda malam (siskamling), kemudian berkembang menjadi musik yang diperdengarkan pada malam hari di bulan Ramadan untuk membangunkan orang sahur.

4. Gedokan

Jenis musik tradisional dari daerah Kabupaten Banyuwangi yang dipergelarkan pada waktu orang punya hajatan. Alat musiknya terdiri atas lumpang (lesung), alu (antan), dan dua potong besi.

5. Bordah

Jenis musik tradisional dari daerah Kabupaten Banyuwangi yang bernapaskan Islam. Alat musiknya terdiri atas terbangan atau rebana dalam berbagai ukuran. Rebana tersebut dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu kasidahan.

gambar alat musik tradisional jawa timur

6. Terbang

Jenis musik tradisional dari daerah Kabupaten Banyuwangi yang bernapaskan Islam. Alat musik terbang terdiri atas beberapa alat musik pukul, diantaranya seperti rebana (sebagai alat musik pokok) yang dilengkapi dengan kendang, ketuk, jidor (bedhug) dengan tiga macam ukuran, gong, dan organ.

angklung jawa timur

7. Angklung

Musik tradisional dari daerah Kabupaten Banyuwangi yang dimainkan oleh 12-14 orang dengan peralatan angklung, saron, kendang, dan gong. Jenis musik angklung ada empat macam, yaitu angklung caruk, angklung tetak, angklung paglak, dan angklung blambangan.

Baca juga:
Kesenian Tradisional Jawa Timur Lengkap Penjelasannya
8 Tarian Tradisional Jawa Timur Lengkap Penjelasannya
Mengenal Kebudayaan Daerah Jawa Timur

Posting Komentar untuk "Alat Musik Tradisional Jawa Timur Lengkap, Gambar dan Penjelasannya"