Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Becik Ketitik Ala Ketara, Aksara Jawa dan artinya dalam Bahasa Jawa?

becik-ketitik-olo-ketoro-gambar

Becik Ketitik Ala Ketara, Petuah tersebut artinya; “baik terbukti, buruk kelihatan sendiri.”

Arti atau makna petuah "Becik Ketitik Ala Ketara" adalah anjuran kepada siapa pun untuk tidak takut berbuat atau mengatakan kebaikan. Setiap kebaikan yang kita lakukan, sekecil dan sesederhana apa pun kebaikan itu, suatu hari nanti pasti akan terlihat manfaatnya. Dan, para pelakunya pasti akan selalu dihargai karenanya.

Sebaliknya, sekecil apa pun keburukan yang kita lakukan, suatu saat nanti akan terlihat juga akibatnya. Petuah ini sejalan dengan kata pepatah, “sepandai-pandainya menyimpan bangkai, baunya pasti akan tercium juga”.

Pengertian lain dari petuah Jawa tersebut yaitu, semua perbuatan, entah perbuatan baik maupun buruk, akan senantiasa memperoleh balasan yang setimpal. Oleh karena itu, melalui petuah ini, kita diingatkan agar tidak menyesali kebaikan yang sudah kita lakukan kepada orang lain. Awalnya, mungkin tidak terlihat manfaatnya. Namun, suatu ketika kebaikan itu akan terasa pengaruhnya, bisa kita sendiri atau anak cucu yang merasakan nantinya. Selain itu, jangan merasa aman dengan keburukan atau kejahatan yang kita lakukan. Sekecil apa pun kejahatan yang kita lakukan pada orang lain, suatu saat pasti akan menanggung akibatnya.

Berikut ini kalimat petuah "Becik Ketitik Ala Ketara" yen ditulis nganggo aksara Jawa;

꧋ꦧꦼꦕꦶꦏ꧀ ꦏꦼꦠꦶꦠꦶꦏ꧀꧈ ꦲꦭ ꦏꦼꦠꦫ꧋

Jika kalimat petuah "Becik Ketitik Ala Ketara" dijabarkan penulisannya dalam aksara jawa antara lain sebagai berikut;

ꦧꦼꦕꦶꦏ꧀ ==> becik

ꦏꦼꦠꦶꦠꦶꦏ꧀ ==> ketitik

ꦲꦭ ==> ala

ꦏꦼꦠꦫ ==> ketara

Baca juga:

Demikian rangkuman "Becik Ketitik Ala Ketara, Aksara Jawa dan artinya dalam Bahasa Jawa" yang dapat kami sampaikan. Baca juga makna dan arti kata bijak Jawa menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Becik Ketitik Ala Ketara, Aksara Jawa dan artinya dalam Bahasa Jawa?"