Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan, Pengertian dan Contohnya

Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan, Pengertian dan ContohnyaSeni rupa merupakan salah satu bentuk seni yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Seni rupa diciptakan dengan memadukan unsur garis, bidang, warna, tekstur, bentuk dan gelap terang. Seni rupa dikelompokkan berdasarkan fungsi atau kegunaannya dapat dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

1. Seni Rupa Murni (Pure Art/ Fine Art)
Seni rupa murni adalah seni rupa yang diciptakan khusus untuk dinikmati bentuk estetik dan artistiknya, tanpa mencampuradukkan dengan fungsi atau kegunaan tertentu. Seni rupa murni lebih mengutamakan unsur ekspresi jiwa pembuatnya (seniman) dan ekspresi seniman lebih bebas tertuang dalam karya, sebab tidak ada syarat-syarat tertentu yang membatasinya. Seni rupa murni memiliki 2 fungsi yang pertama fungsi bagi pekerja seni (Seniman) dan kedua bagi penikmatnya. Fungsi seni rupa murni bagi seniman adalah sebagai sarana ekspresi jiwa secara bebas namun tetap mengikuti kaidah-kaidah seni rupa. Sedangkan fungsi seni rupa murni bagi penikmat seni adalah objek seni yang dapat dinikmati segi artistik dan estetiknya atau sebagai objek pengindahan dengan cara dipajang.

Contoh Karya Seni Rupa Murni
Kita dapat menemukan contoh-contoh karya seni rupa murni di dalam negeri maupun contoh karya seni rupa murni mancanegara. Beragam contoh karya seni rupa murni ada yang berwujud 2 dimensi dan 3 dimensi. Contoh karya seni rupa murni 2 dimensi antara lain lukisan, seni grafis, kaligrafi, dan seni fotografi. Sedangkan contoh karya seni rupa murni 3 dimensi antara lain patung, seni topeng, dan relief. Berikut contoh gambar karya seni rupa murni dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi.
karya-seni-rupa-murni-2-dimensi

karya-seni-rupa-murni-3-dimensi
2. Seni Rupa Terapan (Applied Art/ Useful Art)
Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang lebih mengutamakan fungsi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, tanpa melepaskan aspek estetisnya. Jadi segi fungsi memiliki peran utama dalam pembuatannya. Fungsi karya seni rupa terapan adalah untuk kepentingan yang bersifat praktis atau tepat guna yang hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan (kebutuhan fisik) penciptanya maupun kebutuhan orang lain.

Banyak sekali bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni rupa terapan, ada bahan-bahan dari alam (batu, kayu, logam, tanah liat, karet, kulit, dan lain-lain), atau dari bahan buatan manusia (kertas, kaca, plastik, fiber glass, dan lain-lain). Bentuk karya seni rupa terapan dapat berupa alat-alat kepentingan rumah tangga, atau hanya sekedar untuk hiasan.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan
Karya seni rupa yang termasuk dalam seni rupa terapan sangat beranekaragam, agar lebih jelas akan kami buat pengelompokan seni rupa yang masuk dalam seni rupa terapan, antara lain seni kriya/ kerajinan, seni ilustrasi, seni reklame, seni rancang bangun/ arsitektur, dan seni dekorasi. Contoh karya seni rupa terapan ada juga yang berwujud 2 dimensi dan 3 dimensi. Berikut ini contoh-contoh karya seni rupa terapan.
karya-seni-rupa-terapan-2-dimensi

karya-seni-rupa-terapan-3-dimensi

Demikian ulasan tentang "Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan, Pengertian dan Contohnya". Baca juga artikel seni lainnya di situs SeniBudayaku.com.
Baca juga:

0 Response to "Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan, Pengertian dan Contohnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel