34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 3

34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 3 - Masih tentang pakaian adat Indonesia bersama SeniBudayaku. Artikel ini merupakan kelanjutan dari "34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 1 dan 2". Untuk melengkapi pembahasan artikel pakaian adat di Indonesia yang mencakup 34 Provinsi, pembahasan pakaian adat Indonesia kali ini kami akan menyajikan beberapa pakaian adat dari beberapa Provinsi di Indonesia Bagian Timur.

Pada pembahasan pakaian adat Indonesia yang pertama, kami menyajikan pakaian adat dari provinsi-provinsi di Indonesia yang berada di pulau Sumatera dan Jawa yang mencakup 16 provinsi. Kemudian dilanjutkan pada artikel pakaian adat Indonesia di pulau Kalimantan dan Sulawesi yang mencakup 11 provinsi. Pembahasan pakaian adat Indonesia kali ini tinggal 7 provinsi di Indonesia bagian timur untuk melengkapi keseluruhan pakaian adat dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Ke 7 Provinsi tersebut antara lain Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Provinsi Papua. Langsung saja pada ulasan kami di bawah ini.

28. Pakaian Adat Bali

Provinsi Bali memiliki beragam jenis pakaian adat, dari pakaian sehari-hari sampai pakaian upacara. Dalam pergaulan sehari-hari anak laki-laki Bali diwajibkan memakai penutup kepala yang disebut Destar atau Udeng, sedangkan anak perempuan mengenakan tengkuluk atau kancrik yaitu sehelai selendang yang berfungsi menutup tubuh yang terkadang digunakan untuk mengangkat beban sekaligus sebagai penutup wajah.

Seorang pendeta berkewajiban memakai pakaian yang disebut Wastra atau Kapuh yang berwarna putih atau kuning, serta berikat pinggang warna putih yang disebut Kawaca. Sementara itu, pakaian pendeta wanita menggunakan kain Plekat warna cokelat dan berselendang putih atau kuning. Dalam upacara perkawinan, masyarakat bali mengenal adanya tiga jenis pakaian adat dan tata rias pengantin, yaitu nista, madya, dan utama atau payes agung. Berikut ini beberapa gambar pakaian adat Bali.
Pembahasan secara lengkap silahkan klik Pakaian Adat Bali Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat bali
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

29. Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat terdiri atas dua pulau besar, yaitu pulau Lombok dan pulau Sumbawa dihuni oleh beberapa suku bangsa. Suku bangsa mayoritas yang mendiami daerah tersebut adalah suku bangsa Sasak di pulau Lombok, suku bangsa Sumbawa (Semawa), dan Bima di pulau Sumbawa. Berikut ini ulasan pakaian adat dari beberapa suku yang mewakili pakaian adat daerah Nusa Tenggara Barat.

Pakaian adat Suku Sasak
Pakaian adat perempuan suku sasak berupa tangkong, lamung (baju) berwarna hitam, kemben, sabuk anteng, dan beberapa aksesoris seperti sengkong, teken lima dan teken nae. Pakaiana adat pria suku Sasak berupa pegon (jas hitam), kereng, dodot (kampuh), serta memakai sapu (ikat kepala).
Pakaian adat Suku Sumawa (Sumbawa)
Pakaian adat wanita Sumbawa berupa lamung pene dan tembe lompa. Sementara itu, kaum pria Sumbawa mengenakan lamung dan saluar belo yang dilengkapi dengan pabasa alang dan sapu. Sementara itu, pakaian pengantin wanita suku Sumbawa mengenakan baju bodo Sulawesi, tope belo, kida sanging, serta sua. Pengantin pria suku Sumbawa mengenakan gadu (baju panjang), simbangan, saluar celana panjang, serta mengenakan pasigar.
Pakaian adat Suku Bima
Pakaian adat suku bima berupa baju poro. Pakaian pengantin wanita suku bima mengenakan poro rante, dan pengantin laki-laki mengenakan pasangi.
Berikut ini gambar pakaian adat beberapa suku di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Pembahasan lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat Lengkap, Gambar dan Penjelasannya


baju adat nusa tenggara barat
Sumber : Selayang Pandang Nusa Tenggara Barat : Erna Dwi P, S. Pd

30. Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur

Provinsi Nusa Tenggara Timur dihuni oleh beberapa suku yang memiliki keanekaragaman pakaian adat. Dari keanekaragaman pakaian adat yang memiliki perbedaan latar belakang, dapat kami paparkan tiga gaya yang dapat mewakili citra daerah Nusa Tenggara Timur, yaitu pakaian adat suku Sikka dari Flores, suku Sumba dari Sumba Timur, dan suku Amarasi dari Kabupaten Kupang, Timor.
Pembahasan lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Nusa Tenggara Timur Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Sikka 
Pakaian adat pria Sikka bernama labu, sedangkan pakaian adat wanita bernama labu liman berun. Pemakaian pakaian adat tersebut masih dilengkapi dengan beberapa aksesoris lainnya.

baju adat suku sikka Nusa Tenggara Timur
Sumber : Selayang Pandang Nusa Tenggara Timur : Gandes Cukat Permaty, S. Pd

Pakaian Adat Sumba
Pakaian adat suku Sumba untuk kaum pria bernama hinggi kombu, hinggi kowaru. Sedangkan wanita Sumba mengenal beberapa pakaian adat dengan nama lau kowaru, lau pahudu, lau mutikau, dan lau pahudu kiku.

baju adat suku sumba nusa tenggara timur
Sumber : Selayang Pandang Nusa Tenggara Timur : Gandes Cukat Permaty, S. Pd

Pakaian adat Amarasi, Timor
Pakaian adat pria Amarasi berupa penutup badan yang terdiri atas beti atau taimuti dan po'uk. Sedangkan wanita Amarasi mengenakan pakaian yang terdiri atas dua kain. Kain pertama bernama tais atau tarunat, sedangkan kain kedua berupa selempang yang terikat didepan dada.
Berikut ini gambar beberapa pakaian adat Nusa Tenggara Timur.

baju adat suku amarasi nusa tenggara timur
Sumber : Selayang Pandang Nusa Tenggara Timur : Gandes Cukat Permaty, S. Pd

31. Pakaian Adat Maluku

Provinsi Maluku dihuni oleh beberapa suku yang memiliki latar belakang dan kepercayaan yang berbeda-beda. Pakaian adat setiap suku di Maluku juga berbeda-beda. Berikut ini ulasan pakaian adat dari suku Ambon dan suku Tanimbar yang merupakan penduduk mayoritas di Provinsi Maluku.

Pakaian adat Ambon dan Tanimbar
Pria ambon mengenakan pakaian yang terdiri atas baju kurung dan celana kartou. Sedangkan kaum wanita Ambon mengenakan pakaian berupa baju cele. Masyarakat tanimbar memiliki busana adat yang bernama kutang liman malawan dan tais maran. Berikut ini gambar pakaian adat Maluku.
Pembahasan lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Maluku Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat maluku
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

32. Pakaian Adat Maluku Utara

Masyarakat Maluku Utara mengenal beberapa jenis pakaian adat yang dikenakan dalam beberapa upacara-upacara adat. Nama pakaian tersebut antara lain manteren lamo (dikenakan oleh sultan), kimun gia (dikenakan oleh istri sultan), baju koja (dikenakan remaja pria), kain kololuncucu (pakaian wanita), kebaya popoh (pakaian kerja pria), celana popoh, dan lain-lain. Berikut ini gambar pakaian adat Maluku Utara.
Penjelasan secara lengkap silahkan klik Pakaian Adat Maluku Utara Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat maluku utara
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

33. Pakaian Adat Papua Barat

Pakaian adat Papua Barat bernama pakaian adat Ewer. Pakaian Adat Wanita Papua Barat ini berbahan alam jerami atau serat kering hanya dipakai sebagai bawahan rok bagi para perempuan. Selain itu perempuan Papua Barat juga mengenakan baju atasan yang merupakan pengaruh dari budaya luar. Baju atasan biasanya hanya dipakai untuk masyarakat Papua Barat yang berdomisili di sekitar kota Manokwari. Pakaian adat pria Papua Barat secara umum hanya menggunakan rok rumbai yang cara serta bahan pembuatannya sama dengan rok yang dipakai para wanita. Pemakaian rok rumbai oleh para pria tidak dilengkapi dengan atasan, mereka hanya akan bertelanjang dada.
Pembahasan secara lengkap silahkan klik Pakaian Adat Papua Barat Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat papua barat
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

34. Pakaian Adat Papua

Pakaian adat Papua salah satunya adalah Koteka yaitu penutup kemaluan sekaligus pakaian adat pria Papua. Pakaian ini berbentuk selongsong penutup kemaluan yang mengerucut ke bagian depannya. Pakaian adat Papua yang lainnya adalah Rok Rumbai yaitu pakaian adat pria maupun wanita berbentuk rok yang terbuat dari daun sagu kering dan juga dikenakan untuk menutupi tubuh bagian bawah. Ketika menggunakan koteka atau rok rumbai, orang Papua pada tidak akan menggunakan baju atasan seperti orang-orang suku lain yang menggunakan pakaian adatnya. Masyarakat papua akan menyamarkan tubuh bagian atasnya dengan lukisan atau tatto yang dibuat dari pewarna alami.
Pembahasan lebih lengkapnya silahkan klik Pakaian Adat Papua Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

baju adat papua
Sumber : Various sources from Search Google Image Indonesia.

  • Pakaian Adat Indonesia 1 >>(Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur) 
  • Pakaian Adat Indonesia 2 >>(Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo) 
  • Pakaian Adat Indonesia 3 >>(Bali, Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua) 


Demikianlah pembahasan tentang "34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 3" yang merupakan ulasan terakhir dari artikel Pakaian Adat Indonesia Lengkap dari ujung barat sampai ujung timur Negara Republik Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi pembaca situs SeniBudayaku. Baca juga artikel seni dan budaya menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap Gambar, Nama, dan Daerahnya 3"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel